Cara Redirect Error 404 menggunakan httacces dan plugin WordPress gratisan

Ikuti beberapa tips kami dibawah ini seputar cara redirect error 404 untuk meningkatkan kinerja SEO website anda pada pencarian Google.

cara redirect 404

Cara menangani error 404

Cukup banyak yang bertanya bagaimana cara redirect error 404 yang benar. Karena, jika error 404 ini tidak ditangani dengan tepat maka akan berpengaruh pada kinerja SEO.

Nah, pada kesempatan ini kita akan membahasnya untuk anda.

Melalui tulisan ini kita tidak saja membahas cara redirect error 404 menggunakan htacces dan juga menggunakan plugin WordPress.

Karena, terkadang cara redirect error 404 htacces terkesan ribet.

Apa itu Error 404

Sebelum lebih jauh membahas tentang cara redirect error 404, ada baiknya kita membahas beberapa hal terkait dengan Error 404.

Error 404 adalah pesan kesalahan yang ditampilkan oleh browser ketika halaman/link yang dikunjungi sudah tidak tersedia, biasa dikenal dengan tautan rusak/mati.

Google mengatakan bahwa Error 404 ini sebenarnya tidak berdampak secara langsung pada kinerja website kita pada pencarian Google.

Dengan asumsi halaman yang dikunjungi sudah tidak ada, maka kita tidak perlu diperbaiki. Dan pesan ini akan hilang dalam hitungan 1 bulan.

Hanya saja, menurut kami ini akan berdampak pada pengalaman pengguna.

Coba anda bayangkan, apa yang anda rasakan ketika diminta klik sebuah link dan ketika dikunjungi pesan yang muncul adalah Error 404.

Hampir dipastikan kita kecewa, benar nggak?

Lama-lama ini akan memberikan kesan yang buruk pada pengunjung website. Dan akhirnya berdampak pada pengalaman pengguna.

Dan inilah kenapa kita perlu antisipasi Error 404.

2 Cara mengatasi error 404

Ada banyak strategi yang bisa kita lakukan untuk mengatasi halaman error 404 ini. Dibawah ini adalah 2 cara yang bisa anda praktekan.

1. Membuat halaman 404 khusus

Cara pertama untuk mengatasi halaman Error 404 adalah dengan membuat halaman 404 SEO Friendly. Dimana kita menyertakan link postingan dan halaman disini

Harapannya, jika halaman sumber link memiliki nilai otoritas yang bagus. Maka kekuatannya akan mengalir ke halaman 404 dan juga pada link yang kita pasang di halaman 404.

Misalnya link 404 berasal dari Wikipedia. Ini adalah halaman yang memiliki otoritas bagus. Tentu saja sangat disayangkan sekali jika tidak dimanfaatkan dengan baik.

Jadi, lebih baik kita membuat halaman 404 yang menyertakan link postingan.

halaman redirect 404 seo friendly

Gambar: contoh halaman redirect 404

2. Mengarahkan url 404 ke url baru

Cara kedua untuk optimasi halaman redirect 404 adalah dengan mengarahkan ke halaman lain yang masih terkait dengan halaman asal.

Walaupun sekarang banyak juga yang mengarahkan halaman 404 ini ke homepage, tanpa membuat halaman terkait terlebih dahulu. Ini juga tidak ada masalah.

Anda bisa pilih 2 cara redirect 404 dengan teknik 301 dibawah ni

1. Redirect error 404 dengan htacces

Untuk mengarahkan halaman/url lama ke url baru bisa lakukan dengan menggunakan htacces. Anda bisa menggunakan beberapa format code yang sering digunakan.

Beberapa contohnya adalah :

~ Cara redirect domain lama ke domain baru

Nah, dibawah ini adalah cara redirect domain lama ke domain baru. Silahkan sesuaikan url domain sesuai yang anda gunakan sebelumnya.

RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^domainlama.com [NC,OR]
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^www.domainlama.com [NC]
RewriteRule ^(.*)$ https://domainbaru.com/$1 [L,R=301,NC]

Sekarang anda sudah tidak perlu bingung lagi cara redirect website ke website lain. Dengan bantuan kode diatas semua bisa diatasi.

~ Redirect doman pakai www ke domain tanpa www

Kode dibawah ini bisa anda gunakan untuk mengarahkan domain yang menggunakan domain yang pakai www ke yang tidak pakai www atau sebaliknya.

Anda juga gunakan untuk  redirect http ke https atau sebaiknya. Cara redirect http ke https tinggal menyesuaikan https/http pada domainnya.

RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^www.domain.com [NC]
RewriteRule ^(.*)$ http://domain.com/$1 [L,R=301,NC]

Cara diatas adalah cara redirect http to https dengan htaccess. Walaupun sebenarnya anda juga bisa menggunakan plugin seperti Force SSL.

Dengan bantuan kode diatas anda sudah tida perlu merubah http menjadi https secara manual. Pekerjaan SEO Teknis menjadi lebih mudah.

2. Redirect error 404 dengan plugin WordPress

Ada banyak sekali plugin WordPress yang bisa kita gunakan untuk melakukan redirect error 404 ke halaman yang kita inginkan.

Masing-masing plugin ini memiliki fitur yang berbeda. Anda tinggal pilih satu plugin yang benar-benar mewakili kebutuhan anda.

Beberapa plugin tersebut adalah

  1. Redirection
  2. SEO REdirection
  3. All 404 Redirect to Homepage
  4. 301 Redirects
  5. Redirect 404 Error Page to Homepage
  6. Redirect url to Post

Terakhir

Error 404 sebaiknya tetap ditangani dengan serius. Bisa dengan cara redirect error 404 ke halaman terkait maupun dengan membuat halaman 404 khusus.

Silahkan pilih salah satu dengan 2 cara diatas.

Namun, jika topik artikel lama dengan yang baru relatif sama. Sebaiknya dibuatkan saja artikel baru dan arahkan url lama ke url postingan baru.

Ini akan meneruskan kekuatan url postingan lama ke url postingan baru. Selama kode redirectnya adalah 301, bukan kode yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TOP